Back
Featured image of post Emergency Boot Linux

Emergency Boot Linux

こんにちはみんな! (^o^)/
Halo semua, pernah mengalami emergency boot di linux ? .

Pada kemarin sore saya mengalami hal ini. Entah apa yang saya lakukan sebelum shutdown linux mint tiba-tiba pas mau dinyalakan lagi malah muncul emergency boot. Emergency boot ini terjadi saat playmouth berjalan untuk tampilannya kurang lebih seperti ini.

Nah setelah googling saya menemukan solusinya dan dapat masuk ke linux mint kembali. Berikut saya share cara menangani Emergency boot pada linux.

1. Masuk ke LiveUSB Linux

Silahkan buat Live Linux xubuntu atau yang lainnya. Bisa menggunakan media USB Flashdisk ataupun DVD. Setelah liveboot masuk ke terminal console dengan cara ctrl+t.

2. Cek Lokasi Home Directory

Masuk root user dengan cara

sudo -i

Kemudian cek Home directory teman-teman. Jika home tidak dipisah berarti cari directroy / jika dipisah maka cari directory home nya dengan cara ketik

fdisk -l

jika ketemu maka langkah selanjutnya

3. Fix fsck

Kita asumsikan disini partisi Home saya ada di /dev/sda1. nah untuk partisi teman-teman menyesuaikan ya tergantung hasil dari fdisk -l. Kemudian ketikan perintah berikut.

umount \dev\sda1\
fsck -y

nah jika sudah fsck tunggu prosesnya sampai selesai. Kemudian reboot. Dicoba boot pada linux teman-teman. Insyaallah berhasil hehe ^^.

Semoga catatan belajar saya ini bermanfaat.
じゃ、また ヾ(^-^)ノ

comments powered by Disqus
Built with Hugo
Theme Stack designed by Jimmy